secara umum pelajaran matematika

Secara umum, pada pengajaran matematika disemua jenjang pendidikan dari sekolah

dasar sampai perguruan tinggi dihadapkan pada beberapa masalah dan tantangan baik yang
datang dari individu maupun yang datang dari masyarakat.
Beberapa masalah dan tantangan pengajaran matematika berhubungan erat dengan apa
yang dinamakan masalah jastifikasi. Masalah ini merupakan manifestasi masalah pada level
masyarakat dan pada level individu. Pada level yang pertama, masyarakat memerlukan
orang-orang yang berpendidikan baik agar mampu berkontribusi secara aktif untuk membentuk
masyarakat yang kritis dan bertindak secara sistematis, bersikap konsisten terhadap pendirian,
pekerja keras, mampu membuat berbagai macam prediksi dalam berbagai macam konteks.
Berkaitan dengan harapan level ini, perlu adanya peningkatan jumlah generasi muda yang
terdidik dengan kemampuan mengunakan matematika yang diperoleh dari program pendidikan
dengan memuat komponen matematika yang kuat.
Pada level kedua, individu sendiri direfleksikan oleh apa yang dinamakan Paradoks
relevansi. Meskipun pengetahuan matematika sangat relevan untuk masyarakat, kebanyakan
individu khususnya pelajar menghadapi kesulitan-kesulitan untuk memahami bahwa matematika
sangat relevan terhadap mereka sebagai individu.
Pemahaman tentang matematika mempunyai korespondensi dengan proses yang
dilakukan oleh individu dalam pencapaian hasil dari proses itu. Pencapaian hasil proses ini, akan
bermakna jika telah dirumuskan tujuannya untuk memenuhi kompetensi-kompetensi tertentu.
Sehubungan dengan tuntutan masyarakat dan individu, kompetensi-kompotensi capaian
dalam proses pembelajaran dalam setiap jenjang pendidikan memerlukan pemahaman tenaga
pendidik tentang relevansi kompetensi itu dengan kebutuhan masyarakat dan individu. Capaian
proses pembelajaran pada umumnya ditentukan oleh masalah kemampuan pendidik mengenal
potensi awal perserta didik dalam matematika dan bentuk asesmen yang cocok dengan
kompetensi yang hendak dicapai.


sumber:1Dosen Pendidikan Matematika UNSRI

Comments

Popular posts from this blog

JENIS-JENIS FUNGSI

Apa itu Absis Dalam Matematika

Apa itu Pecahan (Fraksi)